Onion Club - Onion Head - Onion-kun Catatan Kuliah Sang Adenz: Tugas MK Teknologi Panen dan Pasca Panen - Teknologi Pemanenan Padi dengan Tradisional dan Mekanik

Jumat, 09 Maret 2012

Tugas MK Teknologi Panen dan Pasca Panen - Teknologi Pemanenan Padi dengan Tradisional dan Mekanik

Dalam meningkatkan hasil produksi dari tanaman ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah cara pemanenan atau teknik pemanenannya. Dengan teknik pemanenan yang benar maka akan dapat mengurangi hilangnya hasil produksi tanaman yang dipanen. Dalam proses pemanenan diperlukan sebuah alat untuk membantu petani yang berfungsi untuk memudahkan proses pemanenan.
Teknik pemanenen padi dapat dibagi dengan dua cara yaitu dengan cara tradisional dan cara mekanik.

1. Dengan Teknik atau Cara Tradisional :
Umumnya dalam cara tradisional ini alat – alat panen yang digunakan juga sederhana seperti sabit dan ani – ani yang menggunakan tenaga manusia itu sendiri. Ani – ani dan sabit pada dasarnya memiliki bagian yang sama, yaitu terbuat dari pisau dan kayu genggaman sebagai letak pisau. Yang membedakan kedua alat tersebut adalah bentuknya. Pada saat diperkenalkannya varietas baru padi unggul yang memiliki potensi hasil tinggi dan berpostur pendek, maka terjadi perubahan penggunaan alat panen dari ani - ani ke penggunaan sabit. Sehingga pemanenan padi tersebut menyebabkan kehilangan hasil produksi padi menjadi lebih rendah.
Ani - ani umumnya digunakan petani untuk memanen padi lokal yang tahan rontok dan tanaman padi yang memiliki postur tinggi dengan cara memotong pada tangkainya. Cara panen padi varietas baru padi unggul dengan sabit dapat dilakukan dengan cara potong atas, potong tengah atau potong bawah tergantung cara perontokannya.
Dengan memanen padi menggunakan cara tradisional mempunyai keuntungan dan kerugian. Keuntungannya adalah sebagai berikut :
1. Memberikan kesempatan kerja pada buruh tani.
2. Hasil pemotongan gabah dengan sabit atau ani - ani ini lebih bersifat terpilih (dapat membedakan padi yang layak panen dan tidak layak panen).
3. Harga alat panen yang murah, sehingga bisa dimiliki oleh setiap petani.
Sedangkan kerugiannya, sebagai berikut :
1. Kebutuhan tenaga orang per hektar banyak
2. Kehilangan gabah pada waktu panen relatif lebih tinggi dibandingkan
dengan alat mekanis
3. Biaya panen perhektar relatif lebih tinggi dibandingkan dengan alat
mekanis, tapi biaya awal tidak ada.

2. Dengan Teknik atau Cara Mekanik
Alat yang biasa digunakan dalam memanen padi secara mekanik yaitu mesin reaper. Cara kerja mesin reaper ini adalah dengan mengait pada rumpun padi kemudian memotong dan melemparkan padi yang telah terpotong ke sebelah kanan mesin tepat di atas permukaan tanah. Setiap lemparan terdiri dari 3 – 10 rumpun tanaman padi, tergantung dari jumlah alur pemotongan mesinnya. Untuk memudahkan pengangkutan ke tempat perontokan biasanya rumpun padi tersebut diikat dulu atau dimasukkan kedalam karung agar tidak banyak gabah yang hilang karena rontok dari rantainya. Mesin reaper dioperasikan oleh satu orang dan dibantu 2 orang untuk mengikat atau mengarungkan rumpun padi yang akan di bawa ke tempat perontokan.
Sama halnya dengan teknik pemanenan padi secara tradisional, teknik pemanenan padi secara mekanik juga memiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungannya adalah sebagai berikut :

1. Hanya membutuhkan 2 - 3 orang untuk panen dalam 1 hektar.
2. Biaya panen per hektar relatif lebih rendah dibandingkan dengan cara
tradisional.
3. Kehilangan gabah di sawah relatif lebih rendah (bagi varietas padi yang
sukar rontok).
Sedangkan kerugiannya, sebagai berikut :
1. Biaya awal yang tinggi, yaitu harga pembelian mesin dan harga bahan bakar yang terus meningkat.
2. Bagi varietas padi yang mudah rontok, akan banyak padi yang rontok akibat getaran atau perlakuan oleh mesin.
Faktor lain yang menentukan berhasil atau tidaknya pemanenan padi adalah faktor waktu atau masa panen. Ada beberapa cara untuk menentukan masa panen padi, yaitu berdasarkan umur tanaman menurut deskripsi varietas padi yang ditanam, kadar air gabah, metode optimalisasi, yaitu hari setelah berbunga rata, dan kenampakan malai.
Waktu panen berdasarkan umur tanaman yang berdasarkan varietas dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya varietas, iklim, dan tinggi tempat, sehingga umur panennya berbeda berkisar antara 5-10 hari. Berdasarkan kadar air, padi yang dipanen pada kadar air 21-26% memberikan hasil produksi optimum dan menghasilkan beras bermutu baik. Dengan metode optimalisasi, padi dipanen pada saat malai berumur 30 – 35 hari setelah berbunga rata sehingga dihasilkan gabah dan beras bermutu tinggi. Penenteuan saat panen yang umum dilaksanakan petani adalah didasarkan kenampakan malai, yaitu 90 – 95 % gabah dari malai tampak kuning.

1 komentar:

  1. Kami akan membantu Anda dalam pengajuan KTA dan KARTU KREDIT sehingga bisa disetujui, GRATIS tanpa dipungut biaya sama sekali.
    persyaratan untuk pengajuan KTA ialah
    KTP
    Kartu Kredit limit min 6 juta dan sudah berjalan 1 tahun
    pemakaian limit jangan di bawah 405 dan tidak ada keterlambatan pembayaran selama 6 bulan
    tidak terkena kredit macet baik di bank,leasing,bpr dan lembaga keuangan lain nya, dana cair 2-3 kali limit kartu kredit anda
    telp rumah atau saudara wajib telp kabel
    telp kabel kantor wajib
    NPWP
    Cover rekening tabungan
    persyaratan untuk pengajuan kartu kredit
    fc ktp
    npwp
    slip gaji min 3.5 juta perbulan
    telp rumah atau saudara wajib dan telp kabel kantor wajib
    khusus pengusaha wajib memiliki kartu kredit usia min 3 bulan
    dan segera email ke roolyutomo@gmail.com , setelah semua data dan dokumen kami terima, kami akan melakukan konfirmasi serta ferifikasi ulang, . Setelah semuanya lengkap dan semua nomor telepon bisa dihubungi, pengajuan Anda segera kami masukkan ke bagian proses. Proses KTA , membutuhkan waktu 14-20 hari kerja hari kerja. Proses akan semakin cepat, kalau semua nomor telepon bisa dihubungi. Aktifkan nomor telepon ketika proses berlangsung.
    Jaga Kartu Kredit yang menjadi referensi pengajuan KTA, selama proses berlangsusng, bayar dulu kartu kredit Anda sehingga masih tersisa limit 50%. Sabar, selama 7 hari, kartu kredit Anda jangan digunakan dulu.
    Jika pengajuan KTA disetujui, dana akan langsung ditransfer ke rekening bank Anda.
    Ajukan segera KTA Anda, kami akan membantu semasimal mungkin sehingga pengajuan Anda bisa disetujui. Demikian tentang kami,berkas aman 100% , alamat kantor di gedung bank anz pandanaran semoga bermanfaat untuk Anda.
    Anda juga bisa menghubungi kami melalui :
    Telepon/sms/wa/kakao/line
    GSM : 085600125176
    pin : 5CE06341
    email : roolyutomo@gmail.com
    Facebook : rooly utomo

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog ini.